Rabu, 20 Agustus 2014

PERNAK PERNIK MONEL

 

MONEL, selama ini banyak dikenal & digunakan sebagai pernak pernik kendaraan bermotor.. Namun karena material yang solid & kilau kilapnya sekarang MONEL juga banyak digunakan sebagai alternatif perhiasan untuk sebagian orang seperti Cincin, Gelang & Kalung.

Tidak sedikit orang yang menggunakan MONEL sebagai alternatif pengganti perhiasan yang dikenakan seperti Cincin, Gelang & Kalung , akan tetapi tidak sedikit pula mereka yang mengenakan MONEL belum mengetahui MONEL itu terbuat dari apa, bagaimana cara membedakan asli atau tidaknya & bagaimana cara merawat MONEL itu sendiri agar kilap kilaunya tetap terlihat menarik.

Nah pada artikel ini penulis mencoba untuk berbagi informasi tentang asal usul MONEL, cara membedakan MONEL asli dengan palsu & cara merawatnya agar tetap terlihat berkilau...

Langsung saja cekidotttt......

 

• MONEL

Monel adalah logam dengan kandungan Nikel ( Nickel ), yang dicampur dengan material lain seperti Tembaga ( Copper ) dan sedikit Besi ( Iron ) serta Mineral. Monel dibentuk dari batangan padat yang kemudian dibubut menggunakan mesin & dibentuk sesuai dengan model yang diinginkan. Setelah proses pembentukan masuk proses  fhinishing dengan memoles hasil bubutan MONEL tadi agar halus & mengkilat.

MONEL juga memiliki keistimewaan lain selain lebih berkilau & tahan lama:

1.       Memiliki sifat lebih keras ketika dibandingkan dengan pernik lain

2.       Tidak berkarat

3.       Anti asam ( acid )

 

• TIPS MEMBEDAKAN MONEL ASLI DENGAN YANG PALSU

1.      Cek Berat: Pernak pernik MONEL yang palsu biasanya dibuat dengan bahan baku alumunium yang di Croom agar terlihat mengkilap seperti MONEL, namun berat massa MONEL tidak dapat dibohongi, karena MONEL asli cenderung lebih berat ketika dipegang.

 

2.        Cek Raba: Ketika permukaan atau bagian MONEL palsu kita poles atau usap menggunakan tangan bagian tersebut akan tampak menguning atau kusam & akan terlihat pori-pori bahan aslinya, nah yang seperti ini jika terus menerus terkena hujan, panas & keringat yang memiliki kadar asam ( Acid ) tinggi biasanya akan cepat memudar, namun untuk MONEL asli tidak akan berubah sedikitpun.

 

3.       Cek dengan Magnet: Biasanya MONEL palsu dibuat menggunakan bahan baku besi, dikarenakan bahan tersebut relatif lebih murah dan mudah proses peleburan serta pembentukkannya. MONEL palsu biasanya di croom agar terlihat mengkilat seperti MONEL asli, untuk MONEL aslipun sebenarnya memiliki daya tarik ketika dicek / ditest menggunakan magnet namun daya tarik MONEL asli cenderung lebih kecil dibandingkan yang palsu.

 

• TIPS MERAWAT MONEL AGAR TETAP MENGKILAT

MONEL memiliki keistimewaan kilau kilatnya yang tidak memudar, akan tetapi kilau kilat tersebut akan tampak kusam ketika ada bercak kotoran pada pernik MONEL seperti debu atau minyak. Namun tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara / tips untuk menggembalikan MONEL yang kusam dikarenakan kotoran yang menempel.

1.      Rendam menggunakan deterjen selama +/-15 menit kemudian bersihkan menggunakan sikat gigi bekas atau kuas, kemudian bilas dengan air tanpa deterjen hingga bersih. Tidak perlu khawatir MONEL berkarat, karena MONEL tidak akan berkarat.

 

2.      Setelah dibilas, keringkan menggunakan kain yang bersih hingga benar-benar kering tanpa meninggalkan noda / flek pada MONEL.

 

3.   Bila hasil ingin maksimal, setelah kering taburkan bedak ataupun tepung terigu sedikit kemudian usap dengan sedikit menekan, maka MONEL anda akan kembali mengkilat.

 

Sekian artikel singkat ini kami tulis dengan harapan pengguna MONEL memahami cara merawat & mampu membedakan MONEL asli dengan yang palsu, semoga bermanfaat & selamat berbelanja..

Salam hangat untuk para Gems Lover

 

                        -Kasatrian Gem Stones-

 

 

1 komentar:

 
Toggle Footer